8 Jenis Program Diet Terbaik, No 7 Bikin Cepat Kurus


Ada macam-macam program diet di luar sana. Dan hasilnya sangat relatif.

Seseorang bisa saja merasakan hasil terbaik dengan dengan diet OCD, namun tidak semua orang akan mendaptkan hal yang sama.

Mungkin saja temenmu lebih cocok dengan Keto atau GM sebab ia ngerasa lebih ampuh dan bikin cepat kurus.

Ingat guys, kondisi tubuh tiap manusia itu beda. Pria dan wanita akan membutuhkan kalori yang berbeda.

Oleh sebab itu, para pakar nutrisi membuat beberapa jenis program ataupun suplemen diet dengan fokus yang tidak sama. Ada yang konsen mengurangi nafsu makan, sementara yang lain membatasi kalori, karbohidrat, juga lemak.

Bagi pemula, sulit untuk menentukan program mana yang lebih cocok untuk mereka. Sebab, semua diet plan mengklaim lebih unggul.

memilih-diet-plan

Lalu jenis diet mana yang paling cocok buatmu, yang terbaik untuk membakar lemak sehingga perut tidak lagi buncit dan paha jadi kencang ?

Simak review berikut.

Program Penurunan Berat Badan Terbaik yang Bikin Cepat Kurus


  1. Diet Rendah Karbohidrat

Diet plan satu ini populer selama 4-5 dekade kebelakang. Sesuai namanya, diet rendah karbohidrat membatasi asupan karbohidrat hingga 20–150 gram per hari.

Tujuanya adalah untuk memaksa tubuh menggunakan lebih banyak lemak sebagai bahan bakar daripada mesti memakai karbohidrat sebagai sumber energi utama.

diet-rendah-karbohidrat

Cara kerja : Menaikan asupan jumlah protein serta lemak sambil membatasi asupan karbohidrat.

Ketika asupan karbohidrat sangat rendah maka asam lemak akan di alihkan ke dalam darah kemudian diangkut ke hati. Ujungnya akan diubah menjadi keton.

Tubuh lantas merespon penggunaan asam lemak dan keton sebagai sumber energi utamanya.

Sejumlah penelitian menunjukkan jika mengurangi asupan rendah karbohidrat bisa membantu menurunkan berat badan, terutama untuk individu yang memiliki masalah obesitas.

Program penurunan berat badan ini terbukti efektif untuk mengurangi lemak perut berbahaya.

Pelaku diet karbo umumnya mencapai keadaan yang disebut ketosis. Jadi sangat mirip dengan Keto.

Bedanya, diet rendah karbohidrat bisa memicu penurunan berat badan dua kali lipat lebih cepat daripada diet keto biasa.

Manfaat & Kelebihan : Mengurangi karbohidrat cenderung menekan nafsu makan yang otomatis akan mengarah pada pengurangan asupan kalori.

Selain itu, program ini memiliki kelebihan untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler seperti trigliserida darah, kolesterol, kadar gula darah yang tinggi, hingga menstabilkan tekanan darah

Kekurangan : sejumlah orang diketahui mengalami peningkatan kolesterol LDL “jahat” setelah 2 bulan melakukan metode ini.

  1. Diet Paleo

Diet paleo mengklaim bahwa untuk menurunkan berat badan, seseorang harus makan makanan yang sama yang nenek moyang zaman purba.

Kelihatan gokil ya.

Jadi gini, teori yang mendasari jenis diet ini adalah sebagian besar penyakit manusia modern itu dikaitkan dengan olahan masa sekarang. Orang lebih suka makan junk food, atau makanan cepat saji.

paleo-diet

Cara kerja : Paleo mengijinkan mengkonsumsi seluruh jenis makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Sementara mencegah makanan olahan yang mengandung gula serta susu.

Meski begitu, terdapat versi diet paleo yang lebih fleksibel dengan tetap mengijinkan produk susu seperti keju dan mentega, serta umbi-umbian seperti kentang.

Manfaat & Kelebihan : Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet paleo dapat menurunkan berat badan secara signifikan serta mengurangi ukuran pinggang.

Ini cocok banget buat cewek ya girl.

Dengan menerapkan menu makan secara benar, otomatis pelaku akan makan lebih sedikit karbohidrat, lebih banyak protein, dan 300-900 lebih sedikit kalori per hari.

Disinyalir hal ini cukup efektif mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti kolesterol, gula darah, trigliserida darah, hingga tekanan darah tinggi.

Kelemahan : Diet paleo menghilangkan biji-bijian, kacang-kacangan, dan susu, yang memberi nutrisi penting untuk tubuh.

  1. Diet Vegan

Diet ini membatasi semua produk hewani karena sejumlah alasan. Mungkin saja yang melakukanya pecinta binatang kali.

Ehmm, bisa jadi.

vegan-diet

Cara kerja : Veganisme merupakan salah satu bentuk vegetarianisme yang paling ketat.

Selain tidak menyantap daging, orang vegan juga menolak makan susu, telur, serta produk turunan hewani, seperti gelatin, madu, albumin, whey, kasein, hingga sejumlah vitamin D3.

Dan benar. Pola makan seperti ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan meski kamu tidak menghitung berapa besar kalori yang masuk ke tubuh.

Ini karena, kandungan lemak bahan pangan orang vegan ini sangat rendah namun memiliki serat yang tinggi sehingga membuat mereka kenyang lebih lama.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang melakukan diet vegan selama 18 minggu akan kehilangan 5 kg lebih banyak daripada mereka yang melakukan jenis penurunan berat badan dengan mengontrol kalori.

Enaknya ya girl, kelompok vegan diizinkan makan sampai kenyang tanpa takut harus membatasi kalori.

Penurunan berat badan pada pelaku lebih diakibatkan pengurangan asupan kalori karena hanya mengkonsumsi sayuran.

Manfaat & Kelebihan : Vegetarian sangat bermanfaat untuk penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Membatasi daging olahan juga bisa mengurangi risiko penyakit Alzheimer serta penyakit kanker

Kelemahan : Diet vegan benar-benar menghilangkan makanan hewani.

Hal tersebut bisa menyebabkan kekurangan nutrisi penting seperti vitamin B12, vitamin D, yodium, zat besi, kalsium, seng, hingga asam lemak omega-3

  1. Diet Keto

Ketogenik merupakan diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Ia memiliki banyak kesamaan dengan diet rendah karbohidrat.

diet-keto

Cara Kerja : mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan lemak. Pengurangan karbohidrat ini akan membuat tubuh dalam keadaan metabolisme yang disebut ketosis .

Dan faktanya, lebih dari 20 penelitian menunjukkan jika metode ini bisa membantu menurunkan berat badan serta meningkatkan kesehatan.

Manfaat & Kelebihan : Jenis diet ini sangat efisien dalam membakar lemak untuk energi. Ini juga mengubah lemak menjadi keton di hati yang dapat memasok energi untuk otak.

Dengan penurunan besar-besaran gula darah dan kadar insulin, hal tersebut diyakini dapat mencegah diabetes, kanker, epilepsi dan penyakit Alzheimer

Sebuah studi juga menemukan bahwa 7 dari 21 orang dengan diabetes tipe 2 mampu berhenti menggunakan semua obat diabetes setelah melakukan program keto.

Kekurangan : Meskipun Ketogenik aman untuk orang sehat, mungkin saja kamu memiliki efek samping awal saat tubuh masih beradaptasi.

Hal ini sering disebut sebagai flu keto dan biasanya akan hilang dalam beberapa hari.

Flu keto ditandai dengan masalah tidur, mual, ketidaknyamanan pencernaan dan penurunan kinerja olahraga.

  1. Diet Mayo

Diet mayo dikembangkan oleh para ahli penurunan berat badan di Mayo Clinic, salah satu rumah sakit terbaik di Amerika Serikat.

Caranya mudah, cukup berfokus pada makanan sehat seperti  buah-buahan, sayuran, dan olahraga teratur.

Menu diet mayo seperti piramida dimana karbohidrat, protein, lemak, dan gula adalah menu yang disantap paling sedikit.

diet-mayo

Cara Kerja : Diet ini bekerja dengan membatasi kalori. Kebutuhan kalori normalnya ditentukan berdasarkan berat badan semisal 1.200-1.600 kalori per hari untuk wanita dan 1.400-1.800 untuk pria.

Selain itu, diet mayo menyarankan untuk melakukan olahraga.

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga sambil diet rendah kalori lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada hanya berdiet saja.

Plus, diet dan olahraga juga membantu mempertahankan lebih banyak massa otot, yang selanjutnya dapat mendorong penurunan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme.

Manfaat & Kelebihan : Penelitian menunjukkan jika diet tinggi buah dan sayuran bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Studi yang dilakukan pada 62.000 orang menunjukan jika hasil diet ini lebih permanen dibanding jenis diet lain. Peserta mendapatkan kembali berat badan yang lebih sedikit.

Kekurangan : Jika benar-benar ingin cepat kurus, dibutuhkan kedisiplinan yang luar biasa. Pelaku mesti bertanggung jawab untuk menyiapkan makanan sesuai dengan pedoman.

Oke tentu saja ini menghabiskan banyak waktu di dapur.

  1. Diet Air Putih

Diet air adalah periode ketika seseorang tidak mengonsumsi makanan dan hanya minum air putih.

Cara ini diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi apakah aman, dan apakah efeknya permanen ?

diet-air-putih

Cara Kerja : Tidak ada waktu yang ditentukan untuk diet air, tetapi saran medis umumnya mengatakan jika orang masih bisa hidup normal antara 24 jam hingga 3 hari tanpa makanan.

Pelaku diet ini percaya jika air bisa membuang racun dalam tubuh. Istilah kerenya, detox.

Pada praktiknya, ada yang tetap berpegang teguh hanya minum air sampai ada penurunan berat badan yang nyata.

Baru setelah itu mulai mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Namun ada juga yang minum air tapi tetap makan buah dan sayur.

Manfaat & Kelebihan : Rutin minum air putih melancarkan kerja ginjal untuk membuang limbah dan racun yang mengendap.

Kerja sistem pencernaan juga lebih efisien untuk mencerna makanan sehingga bisa mencegah sembelit, sekaligus mengendalikan nafsu makan.

Kekurangan : Diet minum air putih tidak dapat dipraktekan oleh semua orang. Orang yang sudah berumur atau remaja di bawah 18 tahun tidak di anjurkan untuk mencoba.

  1. Diet GM

Diet GM diciptakan untuk karyawan General Motors pada tahun 1985. Program diet satu ini diklaim bisa menurunkan berat badan 3-5 kg hanya dalam waktu 7 hari.

apa-itu-diet-gm

Cara Kerja : Rencana diet GM dibagi dalam tujuh hari dengan aturan ketat tentang jenis makanan apa saja yang bisa dikonsumsi.

Sebagai contoh, pada hari pertama hanya makan sayuran, sementara pada hari kelima, kamu wajib makan tomat juga daging.

Kelebihan : Program diet ini diklaim bisa menurunkan berat badan hingga 3-5 kilo hanya dalam waktu seminggu.

Ia juga akan meningkatkan fungsi pencernaan sehingga user akan lancar BAB. Tidak mudah diare.

Walaupun belum ada riset mendalam tentang diet GM, jamak diketahui bahwa peningkatan asupan buah-buahan serta sayuran dapat membantu menurunkan berat badan.

Ini karena buah-buahan dan sayuran termasuk jenis pangan rendah kalori sehingga bisa membuat defisit kalori yang lebih besar.

Efek Samping : Cara menurunkan berat badan dengan model ini ini sering dianggap tidak seimbang sehingga dapat menyebabkan kelaparan dalam jangka waktu tertentu.

Sebagian besar dari berat yang hilang merupakan berat air, bukan lemak.

  1. Puasa Interminten

Di Indonesia, kita mengenal puasa Daud dan puasa Senin Kamis untuk melakukan diet. Di luar negeri, diet puasa disebut intermiten.

diet-puasa

Cara paling populer untuk melakukan puasa intermiten adalah:

  • Metode 16/8 :  membatasi waktu makan harian hanya delapan jam, kemudian berpuasa untuk sisa 16 jam sehari.
  • Metode makan-berhenti-makan : Puasa dilakukan 24 jam (sehari penuh) kemudian besok tidak puasa.
  • Diet 5/2 : Dua hari dalam seminggu, Anda membatasi asupan hingga 500-600 kalori. Anda tidak membatasi asupan pada lima hari tersisa.
  • The Warrior Diet: Makan sedikit buah-buahan dan sayuran mentah di siang hari lalu satu kali makan besar di malam hari.

Cara kerjanya : Puasa intermiten biasanya digunakan untuk menurunkan berat badan karena user melakukan pembatasan kalori.

Hal ini terbukti dapat menyebabkan penurunan berat badan 3-8% dalam 3-24 minggu.

Diet satu ini juga bisa meningkatkan metabolisme pelaku dalam jangka pendek.

Manfaat lain : Puasa intermiten bisa mengurangi kadar kolesterol, trigliserida darah, dan kadar gula.

Selain itu, puasa intermiten telah dikaitkan dengan peningkatan kadar hormon pertumbuhan manusia (HGH), peningkatan sensitivitas insulin hingga peningkatan perbaikan sel.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa jenis diet ini dapat membantu sel-sel otak baru tumbuh, memperpanjang umur, serta melindungi otak kita dari penyakit Alzheimer.

Gimana guys, yakin gak mau rajin puasa ?

Leave a Comment

Mau Pesan Klik No : 082211649155